Self Hypnosis

Ada beberapa teknik Self Hypnosis yang akan saya bagikan dalam workshop saya:

  1. Self Hypnosis Base On General Method
  2. Self Hypnosis Base On Temperament And Profiles Method.
  3. Self Hypnosis Base On Brain Waves And Audio Tools Method.
  4. Self Hypnosis Base On PLAYZ-ACTS method

Di pembahasan kali ini saya akan mengupas teknik Self Hypnosis Base On General Method.

Self Hypnosis Base On General Method

Inti dari metode ini adalah anda mensugesti diri anda sendiri berdasarkan tahapan-tahap yang umumnya dipakai di hypnosis. Metode ini bisa sangat efektif untuk sebagian orang yang mudah berkonsentrasi dan mudah merilekskan pikiran serta untuk kasus-kasus relatif ringan.

Tahapannya adalah:

Self Induction

Tahap ini anda memasuki pikiran bawah sadar anda dengan cara fokus pada satu hal yang menyenangkan anda sambil menutup mata. Bayangkan, rasakan dan nikmati saat-saat itu. Makin menyempit fokus anda, makin bagus. Singkirkan dan cegah hal-hal yang mungkin bisa mengganggu fokus anda.

Jika anda kesulitan fokus, bisa gunakan kata-kata dalam hati, perintahkan seluruh tubuh anda mulai dari kepala sampai kaki untuk rileks.  Anda bisa membayangkan sebuah cahaya besar yang makin lama makin mengecil dan mempertajam fokus anda.

Tujuan di tahap ini adalah anda fokus dan rileks, sehingga malas bergerak, malas melakukan aktifitas apapun.

Deepening

Tahap ini anda memperdalam kondisi relax anda. Misalnya dengan mengatakan dalam hati “dalam 10 hitungan saya akan semakin rileks dan nyaman. 10.. makin rileks.. 9.. makin nyaman.. 8.. makin dalam… 7 .. makin menyenangkan.. 6. rileks.. rileks.. makin rileks.. 5.. makin dalam.. nyaman.. 4.. rileks… 3 rileks…… 2… makin rileks… 1…rileks sempurna…”

Self Suggestion

Tahap ini anda mulai memberikan sugesti pada diri sendiri sesuatu tujuan anda. Misalnya “mulai saat ini dan seterusnya saya akan meninggalkan kebiasaan buruk saya mengintip tetangga sedang mandi…”.

Gunakan kata-kata positif dan hindari kata ‘tidak’ karena otak sulit meproses kata tidak. Daripada menggunakan kata ‘tidak boros’, lebih baik gunakan ‘pandai berhemat dan mengatur keuangan’.

Termination

Tahap ini untuk mengakhiri self hypnosis dan kembali beraktifitas seperti biasa. Katakan dalam hati “dalam hitungan ke 5 saya akan membuka mata, kembali  normal, kuat,berenergi,bersemangat melakukan kegiatan saya selanjutnya… 1.. 2…3…4…5” lalu anda membuka mata dan kembali beraktifitas.

Atau jika anda memang ingin tidur dalam kondisi rileks, anda bisa melanjutkan tidur tanpa perlu termination.