Hypnotherapy

Apa Sih Hypnotherapy Itu?

Secara gampang-gampangan, hypnotherapy adalah therapy yang menggunakan hypnosis untuk mengakses pikiran bawah sadar dan mengobati sumber masalah emosi seperti fobia, kecanduan, pemarah, rakus, minder, pemalas dan lain-lain.

Hypnotherapy dalam terapannya bisa menjangkau banyak bidang seperti diet (weightloss) dan kecantikan (beauty mindset), sex dan relationship, talent dan karir, guru yang ingin mengajar murid dengan metode yang efektif (hypnoteaching), proses melahirkan dengan rasa sakit yang direduksi (hypnobirthing), atlit olahraga yang ingin lebih berprestasi, orang tua yang ingin mendidik anaknya lebih baik (hypnoparenting), manajer dan leader yang ingin lebih efektif memimpin anak buahnya (hypnoleadership), dan bidang-bidang lain.

Mengapa Hypnotherapy Bisa Menjangkau Sangat Banyak Bidang?

Karena sebenarnya manusia paling dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar. Sekitar 85-90% aktifitas manusia dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar.  Anda masih bingung apa itu pikiran bawah sadar? Begini, secara mudahnya, salah satu bagian dari pikiran bawah sadar yang mudah  dimengerti adalah tindakan refleks.

Anda di pagi hari  bangun, merasa haus, mencari air untuk diminum, atau ketika hasrat buang air muncul, secara refleks anda mencari toilet untuk kencing. Atau ketika anda mengendarai kendaraan dan secara refleks berhenti ketika lampu lalu lintas menyala merah.  Semua tindakan refleks itu terjadi spontan karena sudah masuk ke pikiran bawah sadar.

Apa Yang Di Lakukan Saat Hypnotherapy

Misalnya anda adalah subyek/klien yang memiliki masalah. Yang dilakukan adalah:

  1. Anda datang ke klinik saya.
  2. Anda curhat tentang diri anda, kita akan berdialog
  3. Saya sebagai hypnotherapist akan mendokumentasikan percakapan kita, bisa dengan catatan kertas, rekaman audio atau video jika anda tidak keberatan.
  4. Saya akan memberikan beberapa pertanyaan mendasar sesuai ilmu profiling yang saya miliki.  Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan mempermudah saya untuk mengindentifikasi siapa anda, apa kebutuhan anda, metode therapy yang cocok untuk anda dan detil-detil lainnya yang saya perlukan.
  5. Saya juga akan menanyakan riwayat kesehatan anda di masa lalu, misalnya alergi, fobia, pengalaman buruk di masa lalu, kecelakaan, kecanduan, operasi dan semua yang mungkin diperlukan untuk therapy. Untuk kasus tertentu misalnya therapy untuk diet, kemungkinan saya akan memerlukan catatan referensi dari dokter atau laboratorium terkait kondisi tubuh anda.  (saya certified hypnotherapist for weight loss dari American Hypnosis Association, dan prosedur referensi dari dokter/lab  merupakan prosedur standart kami dari AHA).
  6. Saat proses hypnotherapy berlangsung, kami akan merekam-nya dengan video untuk bukti kata-kata sugesti apa yang kami lakukan pada semua klien kami. Bukti ini kami simpan untuk mengantisipasi hal-hal di luar keinginan kami, misal klien yang menuntut kami atas tuduhan malpraktik hypnotherapy.
  7. Proses Hypnotherapy bisa dilakukan satu sampai beberapa sesi sesuai tingkat kesulitan masalah. Seperti misalnya hypnodiet untuk weight loss, kami memerlukan sekitar 8-10 sesi untuk therapynya.

Hypnotherapy Adalah Kerjasama Klien dan Hypnotherapist

Klien (subyek) dan hypnotherapist merupakan pasangan dalam team kerja untuk bersama-sama menyelesaikan masalah Klien.  Hypnotherapist akan memberikan tahapan-tahapan penyelesaian masalah dan klien harus dengan sabar dan tekun melakukan saran-saran dari therapist. Apa jadinya bila klien yang minta di terapi diet untuk mengurangi berat badan akan tetapi semua langkah-langkah dari therapist dilanggar? Klien hanya akan kehilangan uang untuk membayar therapist tetapi tubuhnya tidak mengalami perubahan.

Jangan Salah Memilih Hypnotherapist!

Suatu ketika, John yang pemarah dan ingin di therapy emosinya. Setelah di analisa, di masa lalu ada peristiwa membekas dimana papa nya yang keras menghajarnya dan memarahi habis-habisan.  Papa nya sudah meninggal sehingga untuk melakukan pemberesan di masa kini tidak mungkin dilakukan.

Dengan hypnotherapy, Joko di kembalikan (regresi) ke masa kecilnya.  Di temukan dengan sosok Papanya yang waktu itu memarahinya.  Sewaktu dalam kondisi hypnosis, Joko dibimbing oleh hypnotherapist untuk memaafkan papanya. Akan tetapi Joko menolak, dan hanya mau memaafkan dengan satu syarat: Papanya harus memberinya uang yang banyak.

Nah, disinilah resiko muncul. Jika hypnotherapist nya tidak kompeten dan tidak berhati-hati, bisa saja sang hypnotherapist menerima syarat dari Joko. Dalam kondisi hypnosis bisa dimunculkan program baru dimana seolah-olah papanya memberikan uang. Joko senang dan memaafkan ayahnya. Ketika nanti sudah sadar, Joko di bawah sadarnya akan memaafkan ayahnya. Problem pemarahnya pasti akan terselesaikan, akan tetapi akan muncul problem baru. Dapatkah Anda mengerti, problem baru apa yang muncul?

Jika anda menjawab: Joko akan punya program baru di bawah sadarnya, bahwa untuk memberikan maaf, orang lain harus membayarnya dengan sesuatu yang berharga, maka anda benar!

Sangat berbahaya jika hypnotherapist menerima syarat dari Joko saat itu. Yang harus dilakukan hypnotherapist adalah mensugesti Joko untuk memaafkan Papanya karena memaafkan adalah tindakan kasih yang mulia, tindakan pria dewasa berkepribadian matang.  Tindakan ibadah yang menyenangkan hati Tuhan.

Karena itu, hati-hatilah memilih hypnotherapist.. jangan sampai problem anda sepertinya terselesaikan, akan tetapi muncul problem baru yang tidak kalah berbahaya

Satu Balasan ke Hypnotherapy

  1. riza berkata:

    artikel yang bermanfaat..:)

Tinggalkan komentar